Kisah Para Rasul, yang menceritakan kisah gereja Kristen mula-mula, berisi banyak episode yang menyoroti penganiayaan. Mayoritas konflik ini terjadi antara orang Kristen dan Yahudi, namun ada contoh penganiayaan oleh orang bukan Yahudi (misalnya pemilik budak peramal dalam 16: 16-24) dan Roma (28:16). Sementara Kelhoffer dan Wilson berpendapat bahwa ada pola yang disengaja dari penganiayaan yang dipimpin oleh orang Yahudi dalam Lukas – Kisah Para Rasul, ada keraguan yang signifikan atas seberapa akurat penggambaran Lukas – Kisah Para Rasul tentang hubungan Kristen-Yahudi secara historis dan seberapa luas jangkauannya (baik ditujukan pada orang Yahudi tertentu). Kelompok atau 'Yahudi' secara keseluruhan) dan serius polemik ini dimaksudkan untuk ditanggapi. Kedua, sistem pengadilan Romawi banyak ditonjolkan dalam pasal-pasal selanjutnya ketika Paulus dibawa ke pengadilan di hadapan beberapa pejabat yang berbeda.Paulus diadili melalui prosiding cognitio extra ordinem, di mana hakim Romawi berpartisipasi dalam semua bagian penuntutan, mulai dari pengumpulan bukti, penyelidikan, hingga penghakiman. Sistem serupa dapat dilihat di surat Pliny the Younger 10.96
Gambar 188B | "Setia Sampai Mati" oleh Herbert Schmalz | Giovanni Dall'Orto / Domain publik
Penulis : Mikael Eskelner
Referensi:
Sejarah dan Perluasan Kekristenan Dari Asal Usulnya ke Abad ke-5
Kekristenan di Periode Ante-Nicene, Bapak Gereja, dan Penganiayaan terhadap Orang Kristen
Komentar
Posting Komentar